Mengenal Antarmuka Android Studio dan Cara Membuat Projek Pertama

Pendahuluan

Antarmuka pengguna (UI) untuk aplikasi Android dibuat sebagai hierarki tata letak dan widget. Tata letak adalah objek ViewGroup, container yang mengontrol cara tampilan turunannya diposisikan di layar. Widget adalah objek View, komponen UI seperti tombol dan kotak teks.


Sumber gambar : https://developer.android.com/training/basics/firstapp/building-ui?hl=id

    Android menyediakan kosakata XML untuk class ViewGroup dan View, sehingga sebagian besar UI Anda ditentukan dalam file XML. Namun sebelum kita lanjut ke Tataletak, mari kita mulai dengan membuka halaman terlebih dahulu.


 Membuat Projeck Baru

        Jalankan aplikasi android studio yang sudah terinsal sebelumnya dengan klik icon android di descop atau dapat dilihat pada menu windows. Langkah instal Android Studio dapat diliahat diartikel berikut : Cara memasang Android Studio.

     Di jendela Welcome to Android Studio pilih menu Projects dengan icon tanda + untuk membuat projek baru.



    Pilih menu Phone and Tablet dan pilih jenis tampilannya. Karena kita baru pemula, maka kita dapat memilih activity "Empty Activity". Tampilan ini memberikan keleluasaan terhadap kita untuk melakukan penataan komponen nantinya. Lanjutkan dengan klik tombol Next.


    Tentukan nama projek kita dan lokasi penyimpanannya. Disini kita buat nama projek dengan Latihan_App dan disimpan di D: dalam folder Projek_Android. Sedangkan bahasa kita gunakan JAVA. Jangan lupa tentukan Minimum SDK agar android bisa jalan di Minimum versi. Setelah itu klik Finish.


Tunggu proses download Gradle selesai dan pastikan anda terhubung ke internet.


Antarmuka Android Studio

    Secara default kita memiliki dua halaman dengan nama Activity_Main.xml dan MainActivity.java.  XML merupakan halaman untuk membuat GUI sebuah projek. Halaman ini menampung berbagai komponen-komponen. Komponen tersebut dapat diperoleh didalam pallate. Tinggal klik salah satu komponen lalu drag ke halaman xml. Sedangkan halaman MainActivity.java merupakan halaman dimana kita meletakkan code program java.

    Jika kita berada dihalam xml, terdapat 3 jenis halaman yang bisa ditampilkan dan ada di sebelah kanan halaman area,  yaitu:

  • code => Menampilkan code xml
  • split => Menampilkan code dan design dari xml
  • Desing => Menampilkan design xml
Susunan folder di dalaman projek kita dapat dilihat pada hirarkinya yang berada pada sebelah kiri. 


    Selain membuat desain dengan script xml, kita bisa melakukan Drag and Drop saja. Masuk ke halaman Palette yang ada disebelah kanan Halaman Utama. Pilih salah satu menu seperti text Common atau button. Setelah itu akan tampil beberapa komponen. klik salah satu komponen tersebut dan drag ke halaman Design.

    Komponen yang kita drag ke halaman design bisa dirubah attributnya. Seperti merubah tataletak, jenis font dan warna. Klik komponen yang ingin dirubah kemudan masuk ke menu Attribute yang ada sibelah kanan Design. akan tampil halam Attrbut, silahkan rubah nilai dari attribut tersebut.


       Selanjutnya buka MainActivity.java. Kita akan coba mengenal struktur penulisan programnya. Silahkan klik halaman MainActivity.java 



    Package com.example.latihan_app merupakan package untuk akun store. Jika kita telah memiliki akun tersebut maka alamat ini akan diganti. Sedangkan import.... merupakan nama untuk memanggil library yang disediakan oleh android.

    Selanjutnya terdapat sebuah class yaitu class MainActivity. sedangkan AppCompatActivity merupakan class pewarisan dari MainActivity.

        Sedangkan protected void onCreate(Bundle SaveUnstancesState){} adalah method utama. Saat program di eksekusi maka method ini akan pertama sekali dibaca. Terdapat code setContentView(R.Layout.activity_main) didalam method utama. Code ini berfungsi untuk memanggil UI yang bernama activity_main.xml.

Oke, Sekian dulu materi kita. Terimakasih telah mengikuti tutorial kami. 

Previous Post Next Post